jam

TENAGA REHABILITASI


  • aspek medis
1. dokter spesialis ( dokter spesialis rehabilitasi, ortopedi, THT, mata, jiwa dan spesialis anak ). tugas utamanya adalah memeriksa, mendiagnosa dan menentukan garis besar program rehabilitsi medis untuk dilaksanakan rehabilitasi.
2. para medis :
    a. fisioterapis ( mempunyai ahli dalam memanfaatkan tenaga fisik dalam pengobatan, melaksanakan program sesuai dengan yang telah ditentukan tim rehabilitasi )
    b. okupasi terapis (keahlian dalam mengadakan evaluasi gangguan fungsi tangan serta memberikan latihan pengembaliannya sesuai dengan program yang tlah ditentukan oleh tim rehabilitasi )
    c. protetis dan ortotis (keahlian sebagai tehnisi dalam mengukur, membuat, dan mengepas komponen tubuh palsu atau penunjang  bagian tubuh yang lumpuh, lemah, sakit sesuai program keputusan tim.
    d. terapis bicara ( keahlian dalam mengadakan evaluasi serta melatih gangguan komunikasi.
    e. perawat rehabilitasi 
    f. ahli optical
    g. ahli audiologi
  • aspek psikologi
seorang psikolog yang mempunyai keahlian dalam mengadakan evaluasi dan mengobati gangguan mental psikologis akibat cacat untuk meningkatkan motivasi, berusaha mengatasi kecacatan serta akibatnya.
  • aspek sosial
memiliki peran dalam mengevaluasi dan membantu memecahkan masalah-masalah sosiall yang berhubungan dengan keberadaan kecacatan. 
  • aspek vokasional
seorang ahli rehabilitasi harus mampu mengarahkan kegiatan rehabilitasi itu menuju berbagai bentuk kegiatan yang berbentuk keterampilan / kecakapan kerja yang nantinya akan berguna bagi kehidupan anak di masa depan.

0 komentar:

Poskan Komentar