jam

pendidikan untuk khusus



Pendidikan luar biasa adalah pendidikan bagi peserta yang memiliki kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental sosial. Selain itu pendidikan luar biasa merupakan pembelajaran yang dirancang khususnya untuk memenuhi kebutuhan yang unik dari anak kelainan fisik. Pendidikan luar biasa disesuaihan dengan kebutuhan  apabila siswa tidak dapat mengikuti program pendidikan umum. Secara singkat pendidikan luar biasa adalah program pembelajaran yang disiapakan untuk memenuhi kebutuhan dari individu siswa.
Menurut UUD 45 Pasal 31 ayat 1 “bahwa  tiap-tiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran”. Sehingga seluruh warga Negara tak terkecuali orang yang memiliki kelainan berhak untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan untuk anak khusus antara lain :
1.      SLB A (Tunanetra)
2.      SLB B (tunarungu)
3.      SLB C (tunagrahita)
4.      SLB D (tunadaksa)
5.      SLB E (tunalaras)
Untuk proses pembelajaran juga sama dengan sekolah pada umumnya hanya saja yang diajarkan sesuai dengan kemampuan mereka. Sekolahnya pun sudah ada dari jenjang TK sampai SMA.


Opini masyarakat tentang sekolah khusus
sekolah seperti ini harus tetap didukung, termasuk pelajar yang bersekolah disana. Mereka punya impian dan bakat masing-masing. Pemerintah, masyarakat, orangtua murid harus peduli dengan adanya sekolah semacam ini. karena siswa SLB juga tak mau kalah bersaing, ( Ibu Yulaini, S.pd  guru SLB Yayasan Wacana Asih )
Syafaruddin (2002 :87)  mengemukakan bahwa : “Dalam system pendidikan nasional Indonesia sekolah memiliki peranan strategis sebagai institusi penyelenggra kegiatan pendidikan.” Oleh  karena itu,  jelaslah bahwa Sekolah Luar Biasa memiliki dan mengemban tugas yang berat tetapi penting.  Berat karena harus selalu berperang menghadapi berbagai kelemahan, ancaman dan tantangan guna menselaraskan program-program kegiatan yang terealisir dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang bergerak demikian cepat. Penting, karena tugas-tugas dan fungsi sekolah sangat diperlukan untuk mengembangkan potensi anak-anak berkebutuhan khusus demi kelangsungan hidupnya yang harus selalu dinamis dan optimis.











0 komentar:

Poskan Komentar